13.1.09

KEHIDUPAN SELAIN DIBUMI

Ada Planet Lain yang Bisa Dihuni?
Pertanyaan apakah diantara benda langit yang jumlahnya miliaran itu ada yang bisa dihuni terus menjadi teka-teki. Tetapi Harvard Origins of Life Initiative berani menjawabnya ada!.

Penelitian oleh astronom di Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics menunjukkan, bumi bisa mendukung kehidupan karena memiliki daya tektonik. Energi ini membentuk benua dan pegunungan. Dan tanpa lapisan tektonik, kehidupan tidak akan pernah berkembang seperti sekarang.

Diana Valencia dari Harvard University mengatakan, planet yang disebut Super-Earth bisa mendukung adanya kehidupan. Planet ini memiliki aktivitas geologi lebih tinggi dibandingkan bumi.
Lapisan tektonik menjadi penting untuk munculnya habitat karena memungkinkan terjadinya proses kimia komplek, serta daur ulang substasi semacam karbon dioksida yang membuat bumi tetap hangat.

Valencia dan kolegannya Richard O'Connell dan Dimitar Sasselov mempelajari planet super-Earths yang berukuran dua kali bumi. Penelitian sudah mendapati lima super-Earths, meski tak satupun memiliki temperatur ideal yang bisa mendukung kehidupan.

Jika ditemukan super-Earths seperti yang diharapkan, maka kemungkinan akan memiliki orbit semacam bumi sehingga sangat cocok untuk didiami.

"Bukan saja ada planet yang bisa ditinggali, tapi sangat banyak,” kata Sasselov, yang juga direktur Harvard Origins of Life Initiative.[ito]

Tidak ada komentar: