4.9.08

Trik Mempercepat Koneksi Internet Dengan Set Up Modem

Tahukah kamu bahwa kecepatan koneksi internet dapat kamu tingkatkan dengan mengubah beberapa setting tertentu pada Windows. Walaupun sekarang sudah banyak software-software untuk mempercepat koneksi internet mungkin kamu tidak akan rugi untuk mengetahui cara mempercepat secara “manual” seperti yang tercantum di bawah ini:

Cara Pertama
Dari Control Panel, klik icon Modem.
Pada kotak dialog Modem Properties, pilih modem yang akan diubah settingnya dan klik pada tombol Properties
Pada tab General, ubah Maximum Speed menjadi 115200.
Pindah ke tab Connection dan klik tombol Port Setting.
Dari kotak dialog Advanced Port Setting, beri tanda check pada Use FIFO buffers. Kemudian ubah Receive Buffer menjadi 14 dan Transmit Buffer menjadi 16. Lalu klik OK.
Klik button Advanced, beri tanda check pada Use Flow Control. Kemudian pilih radio button Hardware. Pada bagian Extra Setting, isi dengan &C1&D2E1Q0V1X4%C0 S7=55 S11=55 S0=0.

Cara Kedua
Dari Control Panel, klik icon System.
Pindah ke tab Device Manager.
Pada bagian Ports (COM & LPT), pilih port yang digunakan oleh modem Anda dan klik tombol Properties.
Pindah ke tab Port Settings.
Pada bagian Bits per second, isi dengan 921600.

Cara Ketiga
Buka file system.ini yang terletak di C:Windows.
Pada bagian [386Enh], tambahkan dengan COM1Buffer=16384. Ubah COM1 dengan port yang digunakan oleh modem.


TRIK Mempercepat DNS-lookup untuk Server Favorit

July 20, 2008 at 3:21 pm (Berita,, Internet)
Tags: DNS, yahoo

Disaat anda browsing internet entah itu menggunakan browser apapun mungkin anda pernah memperhatikan tulisan di kiri bawah baris status browser? “Connecting to…”, “Waiting for…”, “Transfering data from…”. Itu semua adalah merupakan komunikasi data yang terjadi antara browser, server DNS, dan website yang sedang anda kunjungi. Kalau anda ingin proses tersebut bisa berjalan lebih cepat, ada sedikit tips yang sebenarnya anda bisa lakukan untuk mempercepat proses tersebut.

Ketika kita mengunjungi sebuah website, misalnya www.yahoo.com, yang pertama kali dilakukan oleh browser adalah meminta alamat IP dari website yahoo ke server DNS. Server DNS ini kemudian melakukan pencarian ke database dan memberikan hasilnya kebrowser anda. Alamat IP dari website yahoo adalah 202.131.36.158. selanjutnya browser meminta halaman yang ingin anda kunjungi ke alamat ini. Proses permintaan alamat IP dan pencarian di database jelas memerlukan waktu.

Ada satu trik agar agar browser tidak perlu bertanya ke server DNS yaitu dengan mencantumkan alamat IP website yahoo tersebut ke dalam file Hosts yang terdapat di folder C:\Windows\System32\Driveretc. Dengan cara tersebut browser akan langsung meminta halaman web ke alamat 202.131.36.158.

Cantumkan semua alamat website yang sering anda kunjungi ke dalam file hosts, kalau anda bingung untuk mengetahui alamat IP dari masing-masing website, bisa gunakan perintah run kemudian ketikkan perintah ping www.yahoo.com. Alamat website silahkan diganti dengan website yang anda ingin tahu alamat IP nya. Setelah semua alamat IP yang sering anda kunjungi anda masukan ke file hosts, restart windows agar system membaca ulang isi file hosts. File hosts juga bisa digunakan untuk memblokir alamat-alamat website yang tidak diinginkan.

Catatan : untuk membuka file hosts bisa digunakan program notepad, penulisannya adalah anda tuliskan dahulu nomer IP nya kemudian spasi alamat websitenya.

Contoh : 71.14.253.147 www.google.co.id

Comments
Berselancar Lebih Cepat dengan Fasterfox

July 12, 2008 at 8:36 am (Internet)
Tags: Custom, Fasterfox, Firefox, Tweaking


Firefox oleh banyak orang dianggap sebagai browser yang cukup cepat. Namun, ada saja yang menganggap masih kurang cepat, untungnya telah banyak upaya yang dilakukan untuk mempercepat kinerja firefox yang sudah cepat ini. Salah satunya adalah melalui plug-ins Fasterfox.

Karena sifat firefox yang opensource, banyak orang ‘pintar’ yang dapat ikut andil dalam mengembangkan kinerja si Rubah Api ini. Salah satu upaya untuk meningkatkan kinerja firefox adalah dengan melakukan tweaking. Itulah yang dilakukan oleh plug-ins fasterfox. Fasterfox mempercepat proses browsing dengan memanfaatkan Prefect links dan Network Tweaking. Melalui Prefect Links, tidak ada lagi bandwith menganggur karena firefox akan mengambil dan menyimpan halaman web sebagai cache. Proses transfer halaman web ini dilakukan dilatar belakang sehingga tidak mengganggu aktifitas browsing anda.

Tweaking Network dilakukan pada seting untuk rendering halaman, koneksi simultan, pipelining,cache, DNS-cache, dan IPD (initial paint delay). Selain itu di dalam fasterfox juga telah terintegrasi sebuah pop-up blocker untuk pop-up yang dihasilkan oleh objek flash.

Untuk menginstalasikan plug-ins fasterfox anda dapat mendownloadnya di http://fasterfox.mozdev.org/ , Setelah plug-ins terinstalasi, restart firefox untuk mengaktifkannya. Buka menu Tools | Add-ons, lalu klik ganda plug-ins fasterfox untuk membuka option yang tersedia. Fasilitas tersebut adalah pilihan Default, Courteous, Optimized, Turbo Charged, dan Custom.

Pilihan default akan mengembalikan semua setingan ke kondisi semula. Pilihan Courteous hanya melakukan tweaking pada proses rendering sehingga tidak akan membebani webserver. Pilihan Optimized akan melakukan tweaking optimum dalam batasan yang diizinkan oleh RFC. Pilihan Turbo Charged adalah pilihan yang paling ekstrem, ia akan melakukan tweaking seoptimal mungkin dengan mengabaikan batasan yang diizinkan.

Turbo Charged dapat menjadi pilihan utama bagi anda yang berbagi jalur internet, sedang jika anda seorang yang bijaksana, Courteous dan Optimized adalah pilihan yang tepat. Dengan memilih custom anda dapat mengatur aspek-aspek tweaking secara lebih terperinci. Disini anda dapat mengatur langsung besarnya cache yang akan digunakan, banyaknya koneksi simultan ke sebuah web server, jumlah pipelining, banyaknya halaman fastback, dan menghidupkan/mematikan pop-up blocker.

Tidak ada komentar: